21 Dec

Kelebihan dan kekurangan bata merah, batako dan bata ringan


Dalam membangun atau merenovasi rumah, diperlukan beberapa jenis bahan baku utama, salah satunya bata. Jenis bata yang digunakan untuk membangun rumah terbagi atas 3 jenis, yaitu bata merah, batako dan bata ringan. Sebelum memilih salah satu dari ketiga bata tersebut, ada baiknya kita melihat apa saja kelebihan dan kekurangannya.

 

Bata Merah

Bahan material yang sering dibuat dari tanah liat ini memberikan kesan yang klasik untuk para peminatnya. Kelebihan dari bata merah ini adalah memiliki ukuran yang kecil, sehingga memudahkan ketika memasang. Selain memiliki harga yang relatif murah, bata merah ini tidak memerlukan bahan perekat khusus, cukup dengan pasir dan semen.

Namun bata merah ini terbuat dari bahan alam, sehingga ketersediaan dan harganya bergantung pada cuaca (harga relatif naik ketika musim hujan dan harga cenderung turun ketika musim panas). Kekurangan lainnya adalah sulit untuk megatur bata dengan rapi dan pemakian bahan perekat yang cenderung boros.

 

Batako

Batako sering dipilih karena harga yang relatif murah. Batako sendiri terbuat dari bahan bahan seperti semen dan pasir dimana kedua bahan tersebut mudah di dapat hampir di seluruh daerah.

 

Bata Ringan

Bata ringan merupakan material batu yang dibuat dengan mesin, sehingga ukuran dan kualitasnya seragam. Kelebihan yang dimiliki oleh material ini adalah kedap akan air dan suara. Selain itu bahan perekat yang digunakan juga tidak terlalu banyak.

Namun, untuk memasang material ini, diperlukan keahlian khusus agar bata ringan dapat terpasang rapi.